Tip Hemat Menggunakan Kartu Kredit

Share postingan ini

Kartu kredit merupakan alat bantu transaksi yang cukup menarik. Kartu kredit tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu pembayaran sehari-hari saja. Pengguna kartu kredit umumnya dapat menikmati banyak fasilitas yang tidak diberikan oleh alat bantu transaksi lain, misalnya diskon, fitur cicilan, hingga reward point.

Apa yang dimaksud dengan reward point? Reward point merupakan poin hadiah yang diberikan kepada pengguna kartu kredit sesuai dengan nilai transaksi yang dibayar dengan kartu kredit tersebut. Setiap kartu kredit memiliki ketentuan perhitungan reward point yang berbeda-beda.

Contoh perhitungannya, jika satu poin senilai dengan Rp 1.000, maka transaksi belanja senilai Rp 100.000 yang dibayar dengan kartu kredit tersebut akan menghadiahkan 100 poin kepada penggunanya. Jika sudah cukup, poin bisa digunakan sebagai pengurang biaya transaksi atau ditukar dengan hadiah dari bank.

Reward point kartu kredit merupakan fitur yang kadang tidak terlalu diperhatikan oleh para pengguna kartu kredit, dibandingkan dengan fitur diskon dan cicilan. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Padahal, jika dimanfaatkan dengan benar, reward point justru dapat menjadi salah satu fitur unggulan kartu kredit yang dapat digunakan untuk berhemat.

Nah, bagaimana supaya reward point kartu kredit dapat berguna untuk penghematan sehari-hari, gunakan lima cara berikut:

Cara pertama, bayari grup kamu ketika melakukan transaksi besar. Jadi, kamu membayari transaksi dengan kartu kredit kamu lalu teman-teman kamu membayar proporsi masing-masing dengan uang tunai. Kamu akan menjadi lebih untung karena mendapat lebih banyak poin hadiah meski beban transaksi tersebut tidak sepenuhnya kamu tanggung sendiri.

Cara kedua, selalu tukarkan reward point segera mungkin. Beberapa bank mungkin memiliki kebijakan mengenai masa berlaku poin hadiah. Cek ketentuan ini dan pastikan agar kamu tidak sampai kelupaan menggunakan poin hadiah kamu. Tentu akan sangat disayangkan jika poin tersebut hangus karena sudah lewat masa berlakunya.

Cara ketiga, gunakan untuk menghapus biaya tahunan kartu kredit. Sebagian besar bank menetapkan biaya tahunan untuk kartu kredit yang aktif. Nilainya bervariasi dari sekedar Rp 100 ribu per tahun hingga lebih dari Rp 1 juta. Sebagian di antaranya dapat dipunahkan dengan mengkonversi poin hadiah kamu.

Cara keempat, manfaatkan pembayaran rutin bulanan untuk meningkatkan reward point. Transaksi ini misalnya pembayaran listrik, air, fitness, atau cicilan tempat tinggal kamu. Selain kamu bisa menambah poin hadiah, kamu juga jadi tidak perlu repot memasang reminder untuk membayar transaksi rutin tersebut.

Cara terakhir, pastikan kamu menggunakan kartu kredit untuk transaksi yang sering kamu lakukan. Hal paling mendasar agar kamu bisa memaksimalkan poin hadiah kamu tentunya adalah menggunakan kartu kredit yang tepat sesuai dengan transaksi rutin kamu.

Bijaklah dalam memperoleh dan memaksimalkan reward point kartu kredit agar arus kas keuangan kamu terjaga dengan baik.


Share postingan ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.